Bahaya Penyakit Kanker Ganas

Artikel ini bukan bertujuan untuk menakut-nakuti Anda, terutama bagi Anda yang berjenis kelamin wanita. Namun, artikel ini bertujuan untuk memberikan kewaspadaan kepada kita semua akan bahaya penyakit kanker ganas yang sudah banyak merenggut nyawa para korbannya. Oleh karena itu, perlu kewaspadaan yang sangat tinggi terhadap bahaya penyakit kanker.
Kanker dalam pengertian sederhana adalah sel yang tumbuh terus menerus secara tidak terkendali, tidak terbatas dan tidak normal (abnormal). Pertumbuhan sel-sel kanker tidak terkoordinasi dengan jaringan lain sehingga berbahaya bagi tubuh. konteks lain menyebutkan kanker merupakan tumor ganas yang mengalami pertumbuhan abnormal yang tidak diketahui secara pasti penyebabnya. Dalam kondisi normal, sel hanya akan berkembang biak dengan cara membelah diri jika ada yang mati atau rusak.



Sel kanker akan terus mengalami perkembangbiakan meskipun tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sel kanker merusak jaringan sel lain yang normal dan menyebar ke organ tubuh lain melalui jaringan ikat, darah, saraf dan jaringan penunjang organ tubuh. Bagian organ tubuh yang terserang sel kanker akan terhambat pertumbuhannya.

Perlu diketahui bahwa kanker termasuk penyakit yang tidak menular. Penyakit ini timbul akibat kondisi fisik yang tidak normal dan pola hidup yang tidak sehat. Meskipun demikian, penyakit ini bisa diturunkan oleh orang tua kepada anaknya. Risiko terkena kanker sangat besar jika salah satu anggota keluarga terkena kanker.


Penyakit kanker dapat menyerang semua lapisan masyarakat tanpa mengenal status sosial, umur dan jenis kelamin. Dari segi status sosial, penyakit kanker dapat menyerang orang kaya, miskin, berpendidikan tinggi, mupun orang-orang yang sama sekali tidak berpendidikan. Anak-anak, remaja, dan orang dewasa juga tak luput dari serangan kanker. Begitu pula dengan pria maupun wanita dapat terserang penyakit kanker ganas yang paling ditakuti ini. Namun, bers\dasarkan data yang ada diperkirakan sekitar 60% penderita kanker ganas di Indonesia adalah wanita.


Kanker bisa menyerang jaringan dalam berbagai organ tubuh, termasuk organ reproduksi wanita, yang terdiri dari payudara, rahim, indung telur dan vagina. Organ reproduksi tersebut sangat penting karena menjadi identitas kesempuraan seorang wanita. Jika organ tubuh tersebut terserang kanker ganas maka kesempurnaan seorang wanita menjadi berkurang.


Perlu diketahui bahwa jika timbul benjolan pada payudara atau jaringan lain yang abnormal pada organ reproduksi wanita belum tentu benjolan di payudara atau jaringan abnormal tersebut adalah kanker, bisa saja masih berupa tumor, kista atau mioma. Namun demikian, hal itu tetap harus diwaspadai karena penyakit tersebut bisa saja berkembang lebih lanjut menjadi kanker ganas.


Comments :

3 komentar to “Bahaya Penyakit Kanker Ganas”
asep-bogor mengatakan...
on 

dari sejak dini kita biasakan hidup sehat...kalau udah datang penyakitkan jadi repot

kartu kredit mengatakan...
on 

Apakah penyakit kanker bisa disembuhkan sob......thank's infonya

wiyono mengatakan...
on 

Selamat siang, besar harapan kami untuk mengundang sahabat ikut berpartisipasi komentar di blog kami yang baru... komentar anda berharga bagi kami... di sini

Pengikut