Tips dan Trik Mencegah Diri dari Kanker Ganas

Sesama BLOGGER harus senantiasa memberikan motivasi, itulah yang penulis rasakan. Ketika penulis memposting bahaya penyakit kanker ganas, ada blogger yang memberikan komentar "apakah penyakit kanker bisa disembuhkan?" Dari sini penulis termotivasi untuk membuat postingan mengenai hal tersebut. Semoga bermanfaat.



Mencegah lebih baik daripada mengobati, istilah tersebut sangat cocok bagi kita yang sangat memperhatikan kesehatan. Begitu juga dengan penyakit kanker ganas, lebih baik jika kita mencegah diri dari penyakit kanker ganas tersebut daripada mengobatinya. 

Kanker tumbuh dan terbentuk dalam jangka waktu yang lama, bahkan bertahun-tahun. Ini berarti pertumbuhan dan penyebaran dapat dicegah. Pencegahan kanker dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan menghindari makanan yang mengandung zat karsinogen. Untuk itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur secara rutin karena di dalamnya banyak mengandung kalsium, riboflavin, beta-karotin, falate, lutein, vitamin A, vitamin B, dan vitamin D. 

Mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung antioksidan secara teratur dalam jumlah yang mencukupi terbukti dapat mengurangi risiko terserang kanker. Antioksidan adalah zat yang mampu mematikan zat lain yang membuat sel-sel menjadi rapuh dan mampu memperbaiki sel yang rusak. zat ini terbukti bisa meracuni secara langsung sel-sel tumor/kanker.


Sayuran yang berwarna hijau tuaseperti edi brokoli bunga tokol, kumis kubis, lobak, kangkung, bayam, dan selada sangat kaya dengan zat antioksidan seperti beta-karotin, falate dan lutein. jenis sayuran lain seperti wortel, kentang, tomat, bawang putih, bawang merah, dan kacang-kacangantermasuk kacang keledai kedelai juga memiliki kandungan zat antioksidan. Tomat, misalnya, mengandung zat lycopene yang dapat mencegah berkembangnya zat-zat pemicu kanker dalam tubuh. 

Sementara jenis buah-buahan yang sebaiknya lebih sering dikonsumsi, khususnya bagi wanita yang memiliki resiko paling besar terkena kanker, antara lain, jeruk, apel, pir, pisang, dan semangka. Buah-buahan tersebut mengandung carotenoid, flavonoid dan lycopene yang dapat menghambat pertumbuhan kanker.


Selain mengonsumsi buah dan sayur, disarankan pula untuk menghindari makanan yang banyak mengandung zat karsinogen. Zat karsinogen adalah zat yang dapat menyebabkan timbulnya kanker. Zat pemicu kanker tersebut banyak ditemukan pada daging yang berwarna merah (read meat) seperti daging sapi atau makanan yang diasinghan, dibakar, diasap, dan diawetkan dengan nitrit.


Memang benar mengonsumsi buah dan sayur bisa mengurangi resiko terkena kanker. Namun, sebaiknya disertai dengan pola hidup yang sehat seperti menghindari kebiasaan merokok, menghindari hubungan seksual dengan cara berganti-ganti pasangan, menghindari stres, berolah raga yang cukup, dan secara berkala memeriksakan diri ke dokter.





Comments :

6 komentar to “Tips dan Trik Mencegah Diri dari Kanker Ganas”
Rock mengatakan...
on 

Tips yang sangat bermanfaat sob...

JOLA76 mengatakan...
on 

ya, pola makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita

DOCTOR ONLINE mengatakan...
on 

thanks ur comment!

!Rchymera! mengatakan...
on 

Thanks sdh berbagi ilmunya bang,jadi nambah nich pengetahuan tentang kesehatan yg saya miliki...:D

Slm sukses selalu bang rochim...:D

!Rchymera! mengatakan...
on 

Datang lg bawa kue baru bang jgn lupa dicicipi yach hehehe...:D

Rossy R mengatakan...
on 

Untung sy membaca artikel ini,jadi sy tau sayuran atau makanan yg mencegah Kanker, terima kasih sudah share

Pengikut