Tips Tidur yang Berprestasi

Tak semua orang bisa tidur cukup. Akibatnya, mereka mengantuk dan tak bisa berprestasi maksimal di tempat kerja atau sekolah keesokan paginya.

Berikut ini sejumlah kebiasaan sehat yang bisa mendorong kebiasaan tidur sehat:

1.    Ciptakan lingkungan yang kondusif
Singkirkan benda-benda seperti radio dan televisi dari kamar tidur. Kamar adalah tempat untuk tidur, bukan menonton televisi. Orang akan mudah tertidur ketika ruangan lebih dingin dibandingkan hangat. Karena itu, ciptakan ruangan yang sejuk.

Matikan lampu, karena otak lebih mudah mempersiapkan tubuh untuk tidur di ruangan gelap. Pastikan seprei selalu bersih. Bantal, guling, dan kasur juga harus nyaman agar kita bisa tidur nyenyak.

2.    Atur waktu tidur dan bangun yang konsisten
Setiap orang punya jam biologis yang mencatat dan melacak pola tidur. Ketika tubuh punya pola tidur teratur, otak secara otomatis akan mengirim sinyal ke tubuh untuk rileks dan pergi tidur. Tubuh pun secara otomatis akan bangun ketika sudah cukup mendapatkan istirahat.

3.    Jauhi obat tidur
Bagi Anda "pengikut mbah surip" (suka merokok dan ngopi), hindari hal tersebut di malam hari karena dapat mengganggu istirahat. Kafein adalah stimulan yang mengaktifkan otak, sedangkan nikotin mempercepat metabolisme. Lebih bagus lagi jika Anda menghilangkan kebiasaan merokok dan ngopi (lebih hemat bukan...!!!). Alternatifnya, susu atau cokelat hangat sebelum pergi tidur.

4.    Olahraga teratur
Hindari olahraga berat dekat dengan waktu tidur karena peningkatan temperatur tubuh akan membuat Anda terus terjaga. Idealnya, olahraga dilakukan 4-6 jam sebelum pergi tidur. Supaya tetap sehat dan tidur nyenyak, gerakkan tubuh 20 menit sehari.

5.    Turunkan suhu tubuh
Orang cenderung cepat jatuh tertidur ketika suhu tubuhnya menurun. Apalagi klo sedang capek berat, he...he..he. Jadi, sebenarnya mandi air panas sebelum tidur justru tidak mempercepat tidur.

6.    Jangan paksa diri untuk tidur
Tidak bisa tidur? jangan dipaksa, coba keluar dari kamar dan lakukan aktifitas yang membuat Anda mengantuk. Contohnya menonton televisi, membaca, atau mendengarkan musik yang lembut. Jika kantuk menghampiri, kembali ke kamar tidur.

7.    Hindari tidur siang.
Tidur siang dapat mengganggu pola tidur Anda. Tidur siang menjamin Anda mendapatkan cukup istirahat hari itu, sehingga malam Anda jadi terjaga/tidak bisa tidur.

Comments :

2 komentar to “Tips Tidur yang Berprestasi”
!Rchymera! mengatakan...
on 

Wach informasinya sangat bermanfaat bagi saya yg sering kali ssh tdr,btw mo nanya nich bang soal yg nmr 6 klo lakukan aktifitas sprt nonton tv and yg lain tapi msh blm ngantuk jg gmn nich bang xixixi...:-(

akhatam mengatakan...
on 

Wah temenku sering tuh tidur siang... tak bilangin n'tar ahh... hehehe

Pengikut