Wow....., Ada AVANZA Rp. 20 Juta???

MALANG — Lagi, untuk kesekian kalinya sebuah undian berhadiah palsu yang dipasang sindikat penipu di dalam sebuah kemasan makanan memangsa korban. Aksi penipu ini berhasil meraup Rp 20 juta dari korban.

Seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Jalan Terusan Bendungan Sigura-gura, kawasan Perumahan Pondok Harapan Indah Kota Malang, menjadi korbannya.

Sunarsih (65), ibu tiga anak ini harus kehilangan uang sekitar Rp 20 juta setelah diperdaya pelaku yang mengaku akan mengirimkan hadiah utama mobil Toyota Avanza ke Malang.

Peristiwa yang membuat Sunarsih stres berat karena sebagian uang yang ditransfernya adalah uang pinjaman bermula saat ia menemukan kupon undian di dalam kemasan wafer Tango yang dibelinya di warung. Kupon berukuran prangko berwarna pink itu menyebutkan "Selamat, Anda Menang Undian Grand Prize, Kijang Avanza".

Kupon tersebut juga mencantumkan nomor ponsel serta hotline bebas pulsa dan tertera pula izin Depsos berikut stempelnya.

Terbuai dengan hadiah mobil, Sunarsih kemudian menghubungi nomor ponsel yang ada di balik kupon. Di ujung telepon, ia disambut suara pria yang mengaku sebagai Radiant Hidayat, Head Manager PT Orang Tua, produsen wafer Tango.

Seperti modus penipuan semacam ini, Radian, dengan suara ramah dan menyakinkan, memastikan mobil akan segera dikirim ke Malang. Namun, sebelum itu Sunarsih diwajibkan membayar beberapa biaya, “Uang harus ditransfer untuk biaya administrasi, pajak, bea balik nama hingga pengiriman mobil dari Jakarta ke Malang,” kata Sunarsih, saat melaporkan kasus ini ke Polresta Malang, Selasa (1/12).

Singkat kata, Sunarsih percaya dan melakukan empat kali transfer uang dengan total Rp 20 juta ke sebuah rekening BRI yang disebutkan Radiant.

Sunarsih baru sadar tertipu setelah Krisna, kerabatnya, mengetahui kupon tersebut adalah kupon palsu dan memastikan jika mobil yang dijanjikan akan dikirim tidak kunjung ada kepastian. Sementara sang pelaku terus meminta uang dengan alasan untuk biaya-biaya lain yang tidak masuk akal.

“Sadar tertipu ya hari ini, saat ibu kembali mau mentransfer uang dan meminjam uang saya. Tapi bisa saya cegah setelah ibu bercerita kalau uang tersebut untuk biaya pengiriman mobil karena menang undian Tango,” terang Krisna.

“Masak diminta transfer uang Rp 7,5 juta buat Kapolda dan Gubernur. Ini kan tidak masuk akal. Ini jelas penipuan,” lanjut Krisna.



Comments :

3 komentar to “Wow....., Ada AVANZA Rp. 20 Juta???”
Muchlisin mengatakan...
on 

5 hari yang lalu istri juga dapat kupon seperti itu. Tapi bisa dideteksi kalo itu penipuan. Kita telpon CS bebas pulsanya Tango juga.

Tadi pagi teman kerja juga dapat kupon serupa. Saya jelaskan kalo itu pasti penipuan. Makin banyak saja modus seperti ini.

!Techno! mengatakan...
on 

Wach saya juga pernah dapat nich bang tapi setelah gw calling costumer servicenya tanggo katanya kupon tersebut sdh habis masa berlakunya,btw makin canggih aja nich penipu2 jaman skrg nich bang apalagi sulit dideteksi...:-(

Bintang mengatakan...
on 

Tapi kok bisa yah kupon itu ada di bungkusnya wafer tanggo..sedangkan wafer tanggo kan terbungkus rapi..ada sealnya...itu gimana yah???..itu kan di bungkus dari pabriknya..artinya ada orang dalemnya sendiri atau wafer tanggo yg dijual dipasaran itu memang bukan wafer tanggo asli...

Pengikut