Fenomena Orang Berilmu dan Orang Tidak Berilmu



Beginilah jika ulama dan umat berseberangan. Akhir pekan lalu, secara tegas, ulama Saudi melarang Festival Film Jeddah yang sedianya dilaksanakan pertengahan bulan ini atau selama pekan kemarin. Larangan ini mendapatkan tentangan dan reaksi keras dari rakyat Saudi.

Seperti diketahui, sekarang ini rakyat Saudi haus akan hiburan. Rakyat Saudi menginginkan adanya konser musik dan film-film di bioskop seperti di negara-negara lainnya.

Nah, dilaksanakanlah Festival Film Jeddah. Menyadari bahwa festival ini bertentangan dengan kultur dan nilai Saudi, para ulama Saudi langsung bernegosiasi dengan pemerintah dan keluarga kerajaan untuk melarang festival film ini. Hasilnya, negosiasi yang berlangsung selama 11 jam itu akhirnya “dimenangkan” oleh para ulama.

Larangan ini membuat rakyat Saudi menjadi berang. “Kami tadinya berharap akan terjadi perubahan dengan adanya Festival Film Jeddah dan di Khobar pada Festival Film Teluk. Tapi tampaknya (perubahan) itu bukan sekarang.” Ratap Mahmoud Sabbagh, salah seorang sutradara film.

Saat ini sebenarnya di Saudi tengah marak konser-konser musik dan pemutaran film yang dilaksanakan secara privat, namun melibatkan banyak orang. Fenomena ini oleh Pangeran Al Walid bin Talal, seorang anggota kerajaan, diendus sebagai lahan bisnis baru di negaranya. Maka tak heran, sekitar dua bulan lalu, Al Walid pun membuka bioskop pertama di Arab Saudi sepanjang sejarah. Heran, uang sudah banyak, mengapa masih mencari bisnis lewat jalan seperti ini, Pangeran?

Bagaimana menurut Anda dengan FENOMENA diatas...???



Comments :

3 komentar to “Fenomena Orang Berilmu dan Orang Tidak Berilmu”
an mengatakan...
on 

hahahaha ya begitulah kalo tanda2 mau??? matahari terbit dari ufuk barat!!!

Mas Doyok mengatakan...
on 

ya nih
nice post masss

NURA mengatakan...
on 

salam sobat
ya di SAUDI ARABIA,,juga sudah banyak kok hiburan,,tapi ngga terlalu bebas seperti di INDONESIA dan negara lainnya,karena selalu diseleksi dahulu haram dan ngganya.
seperti blog, film bahkan musik,,semua diseleksi, yang menurut negara itu haram ya,,diblokir.

saya di ALJUBAIL S.A sekeluarga ,,saya suami dan dua anak.
yang bekerja suami saja,,dua anak saya masih sekolah di international school.

Pengikut