Bonek, Biang Kerok Sepak Bola


Bonek, siapa yang tidak kenal dengan kata tersebut. Hampir setiap orang di penjuru negeri ini kenal dengan bonek. Bonek kepanjangan dari Bondo Nekat (Modal Nekat), didirikan pada tahun 1988. Bonek merupakan suporter fanatik klub sepak bola di Indonesia, tepatnya di Kota Surabaya. Yang dikenal dengan kota pahlawan.

Tujuan didirikan bonek adalah wadah untuk anak-anak muda dalam memberikan dukungan kepada para pemain Persebaya. Sebagaimana semangat Bung Tomo dalam mengusir penjajah di Kota Surabaya. Namun dalam perjalanannya, hal itu semakin jauh dari cita-cita para pendiri bonek, kenapa demikian???

Tidak ada yang melarang orang menggemari hobi berolah raga, apalagi meluapkan hobinya berupa dukungan kepada tim favoritnya. Tapi jika hal itu membahayakan dirinya atau bahkan merugikan orang lain, maka hal itu harus kita waspadai dan kita minimalisir.

Seperti hal nya para suporter sepak bola di negeri kita. Begitu mudahnya mereka membuat onar, baik di dalam atau diluar lapangan. Bonek misalnya, betapa suporter dari tim persebaya ini begitu mudahnya membuat onar. Mulai dari berangkat dari rumah-sampai di tempat tujuan-hingga pulang kembali ke kampung halaman, selalu saja membuat onar.

Coba kita ingat kembali, ketika Persebaya Versus Persib Bandung yang di gelar di stadion Jalak Harupat Bandung. ribuan bahkan puluhan ribu Suporter Bonek berbondong-bondong datang ke Bandung untuk memberikan dukungan kepada tim kesayangan mereka. Dimana para suporter bonek mania keluar "kandang" dengan melakukan pelanggaran-pelanggaran, mulai dari penjarahana kepada para penjual, naik kereta api tanpa bayar, bahkan naik diatas atap gerbong kereta api pun mereka lakukan. Dimana hal tersebut membahayakan diri dan orang lain.

Bahkan tak luput dari maut pun menyertai para bonek. Sebagaimana yang terjadi pada suporter bonek yang bernama Fathoni, yang jatuh dari atap gerbong kereta api saat bercanda dengan salah satu temannya.

Kemanakah semangat para pemuda Surabaya saat di Komandani oleh Bung Tomo dalam mengusir penjajah. Sehingga kota Surabaya mendapat gelar kota Pahlawan.

Bagaimana menurut Anda mengenai suporter sepak bola di Indonesia, terutama Bonek Mania ini???

Comments :

2 komentar to “Bonek, Biang Kerok Sepak Bola”
Nova Imoet mengatakan...
on 

bonek cuman bisa bikin rusuh....

RifkyMedia™ mengatakan...
on 

supporter kok hobinya jadi biang rusuh..pendukung fanatik sepak bola g seharusnya malah bertindak spt kriminal

Pengikut