Faktor Pemicu Timbulnya Kanker

Terima kasih atas kunjungan Anda para pengunjung setia ROCHIM BLOG. Berkat do'a dan dukungan Anda, ROCHIM BLOG sekarang sudah semakin dewasa, semakin berkualitas. Akhir tahun 2009 "Mbah Google" Update dan PageRank ROCHIM BLOG naik menjadi PR3. Artikel ROCHIM BLOG kali ini mengenai kesehatan, karena sudah lama sekali ROCHIM BLOG gak pernah posting masalah kesehatan. Dan semoga bermanfaat bagi pembaca ROCHIM BLOG.

Kanker pada organ reproduksi telah menjadi momok bagi kaum wanita. Ancaman tidak memiliki keturunan atau mandul menjadi mimpi buruk bagi mereka. Namun demikian, tidak sedikit wanita yang bersikap acuh dengan kondisi kesehatan organ reproduksinya. Setelah terjadi keluhan pada organ reproduksinya, barulah mereka mengadu pada dokter.

Namun hingga sekarang penyebab utama kanker belum diketahui secara pasti oleh para ahli. Mereka hingga kini masih terus melakukan kajian. Namun, terjadinya kanker pada wanita dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti berikut ini :

1. Keturunan
Berdasarkan beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa wanita yang salah satu anggota keluarganya menderita kanker memiliki risiko tinggi terkena kanker. Risiko wanita menderita kanker meningkat 1,5-3 kali jika ibunya atau saudara perempuannya menderita kanker payudara.

2. Umur
Wanita yang berumur 50 tahun ke atas atau yang telah memasuki masa menopause memiliki risiko lebih besar dibandingkan dengan wanita muda. Namun demikian, bukan berarti wanita yang masih di bawah umur tersebut tidak rentan terhadap kanker.

3. Makanan
Makanan berlemak dan berprotein tinggi, tetapi rendah serat dapat menjadi pemicu timbulnya kanker. Tidak hanya itu, makanan yang dibakar, diasinkan, dan diawetkan juga bisa menjadi pemicu kanker. Makanan seperti itu mengandung zat karsinogen yang dapat merangsang sel kanker berkembang biak di dalam tubuh.

4. Bahan Kimia
Bahan kimia bisa menjadi pemicu timbulnya kanker seperti gas limbah dari kendaraan bermotor, pabrik, dan rumah tangga. Zat pewarna seperti anelin serta zat pengawet, alkohol, obat antimetabolit, dan hormon-hormon tertentu juga dapat menjadi pencetus timbulnya kanker.

5. Pola hidup yang tidak sehat

Pola hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok secara berlebihan dan berganti-ganti pasangan dapat memperbesar risiko terkena kanker. Asap rokok dapat menyebabkan terjadinya kanker payudara. Sementara berganti-ganti pasangan sangat memungkinkan terkena kanker, terutama kanker leher rahim atau kanker vagina.

Comments :

1
Hansom Boy mengatakan...
on 

Hi..., jadi takut neh...
Thanks sob, infonya..

Pengikut