Hah..., Operasi Jantung Menggunakan Lem???

Toronto, Umumnya memperbaiki tulang dada setelah operasi jantung dengan menjahit jaringan-jaringan di sekitarnya. Tapi kini ada perkembangan menggunakan lem untuk operasi jantung yang tidak perlu waktu lama untuk pemulihannya.

Peneliti di Kanada mengembangkan teknik operasi baru untuk menangani pasien patah tulang dada pasca operasi jantung. Dokter di sana menggunakan lem sebagai perekat tulang yang patah. Teknik operasi itu tidak membutuhkan waktu yang lama dan pasien hanya sedikit merasakan sakit.

Sementara dengan teknik menjahit maka proses pemulihan pasien membutuhkan waktu berminggu-minggu yang disertai dengan rasa sakit yang luar biasa. Tapi dengan penggunaan lem semuanya dapat diatasi.

"Dengan lem khusus yang berfungsi sebagai perekat, kini kita hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja setelah operasi," ujar Dr Paul Fedak, seorang ahli bedah jantung dari Foothills Medical Center in Calgary, Alberta seperti dilansir Reuters, Senin (16/11/2009).

Lem khusus yang diberi nama Kryptonite itu dibuat oleh para dokter dari Research Group Inc of Connecticut.

Para dokter sebelumnya melakukan studi terhadap 20 pasien di Calgary. Dibanding pasien yang mendapat jahitan dan baru bisa beraktivitas beberapa bulan pasca operasi, pasien yang dadanya direkatkan kembali dengan lem Kryptonite ternyata berhasil pulih dan melakukan aktivitas normalnya hanya dalam waktu beberapa hari.

Peneliti juga menemukan bahwa rasa sakit dan tidak nyaman pasien setelah operasi berkurang dengan menggunakan teknik tersebut.

"Biasanya saya memberitahu pasien saya bahwa setelah operasi jantung, rasa sakit akan muncul dan proses penyembuhannya akan sangat lama, tapi sekarang saya lega tidak perlu mengatakan itu lagi," ujar Brent Mitchell, direktur dari Libin Cardiovascular Institute of Alberta dan kepala Clinical Department of Cardiac Sciences di Alberta Health Services.

Sebanyak satu juta operasi jantung dilakukan di seluruh dunia dengan merobek atau membelah bagian tulang dada. Oleh karena itu, teknik baru perekatan tulang dada dengan lem ini akan sangat bermanfaat bagi dunia medis dan kedokteran.




Comments :

3 komentar to “Hah..., Operasi Jantung Menggunakan Lem???”
!Rchymera! mengatakan...
on 

Wach informasi yang sangat bermanfaat bang rochim semoga dapat dicontoh oleh ahli2 medis dinegara kita,sukses selalu bang...:D

Muchlisin mengatakan...
on 

Jadi tahu kalo operasi jantung sudah dimulai penggunaan lem khusus bernama Kryptonite.

Anonim mengatakan...
on 

wah.. itu sudah ketinggalan di Indonesia sudah dilakukan operasi hanya berjalan kurang dari 10 menit, pasienpun sudha bisa pulang tanpa rasa sakit..

Pengikut