SAY NO TO SMOKE



Matikan ROKOK Anda, Sebelum ROKOK Mematikan Anda

Siapa yanbg tidak kenal dengan benda yang satu ini, bulat panjang, yang kebanyakan di dominasi warna putih. Dan kalau dinyalakan akan mengeluarkan asap. Ya benar, nama benda tersebut adalah ROKOK. Tapi tahukah kita bahaya merokok (baik bahaya bagi kita maupun bagi orang lain)???????? Barangkali Anda tahu bahaya tersebut, akan tetapi Anda cuek. Bagi Anda yang belum tahu, berikut akan penulis sampaikan beberapa manfaat dan bahayanya.

Sebelumnya, mari kita komitmen kepada diri kita untuk berhenti merokok...!!!!!!!! Hasil penelitian yang dipublikasikan oleh RS Pusat Kanker Nasional Dharmais mengatakan, 90 persen kanker paru dan 30 persen kanker lainnya akan dapat dicegah dengan cara berhenti merokok.

Beberapa manfaat yang dapat kita peroleh ketika kita berhenti merokok :

Pertama, dengan tidak merokok/berhenti merokok berarti kita mengurangi risiko terkena serangan jantung, kanker paru, penyakit paru kronik, obstruktif, stroke, tukak lambung, hambatan pertumbuhan janin, gangguan kehamilan dan persalinan, impoten dan infertilitas, dan osteoporosis.
Penyakit tersebut siap menyerang kita karena di dalam satu batang rokok ada setidaknya 4.000 bahan kimia, 400 di antaranya beracun dan kira-kira 40 di antaranya dapat menyebabkan kanker (hih....., ngeri banget). Ada 3 racun yang paling berbahaya, yaitu nikotin, tar dan karbon monoksida. Nikotin yang hanya butuh 10 detik untuk mencapai otak membuat kita ketagihan (tuh kan...!!!).

Kedua, bernapas dengan lebih mudah dan mempunyai stamina yang lebih baik.

Ketiga, menghemat pengeluaran kita dari membeli rokok. Jika dalam sehari kita menghabiskan sebungkus rokok, maka kira-kira kita akan menghemat Rp. 5.475.000 selama setahun. Jika lebih dari sebungkus, maka semakin banyak penghematan yang kita lakukan. Daripada kita keluarin buat merokok mending kita tabung buat modal NIKAH, buat jajan anak kita, atau bahkan buat membantu menyekolahkan anak-anak yang tidak mampu.

Keempat, menghemat biaya pengobatan dan pembayaran asuransi.

Kelima, mempunyai gigi yang lebih bersih, napas, baju, kamar, rumah, dan mobil yang tidak berbau.

Keenam, ini yang sangat penting bahwa dengan berhenti merokok kita menyelamatkan orang-orang di sekeliling kita yang tidak merokok, terutama anak-anak dan istri kita. Karena perokok aktif hanya mengisap 25 persen asap rokok yang berasal dari ujung yang terbakar, sementara 75 persen lainnya diberikan kepada non perokok. Tuh kan, kita lebih banyak memberikan racun kepada orang lain.

Anak-anak dengan orangtua perokok aktif berisiko menderita penyakit napas, misalnya asma, dua kali lebih besar dari anak yang orangtuanya tidak merokok. Mempersiapkan diri untuk berhenti merokok harus diawali dengan niat dan motivasi yang kuat.

Dan yang lebih penting lagi neh, bahwa parameter seorang mukmin - muslim yang baik itu dilihat dari bagaimana dia meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat, apalagi yang membawa bahaya/bencana. Tentu kita masih ingat bukan, nasihat Rosulullah SAW :
Min Husnil Islamil Mar'i, Tarkuhu Maalaaya'nih (Diantara kebaikan ke-Islaman seseorang adalah dengan meninggalkan sesuatu yang tidak berguna/tidak bermanfaat.
Jadi, matikanlah rokok Anda, sebelum rokok mematikan Anda dan saudara Anda...!!!!!!!!

Bagaimana menurut Anda...???

Comments :

14 komentar to “SAY NO TO SMOKE”
marcellino agatha mengatakan...
on 

Kebetulan saya tidak merokok. Untuk yang masih merokok cobalah perlahan-lahan step demi step menghilangkan kebiasaan merokok
_________________________________________________________________________
Mampir-mampir ya ke blogku... banyak tips yang mungkin kalian butuhkan mulai dari:

1. Kesehatan
2. Tip-trik Blog
3. Komputer
4. Sellular
5. Internet
6. Chat
7. Antivirus
8. Tips-tips Umum
9. Game....
Dan masih banyak lagi yang lainnya....Jadi saya tunggu kunjungan anda....

Ardianz mengatakan...
on 

udah 1 bulan ini saya tdk merokok. mudah2an bisa selama lamanya doakan saja

yayan mengatakan...
on 

wah kebetulan nih saya merokok mas.. tapi boleh juga nih "say no to smoke" buat kesehatan saya.. xpress u self and keep blogging. minta dukungannya mas ikutan kontes nih

Mohammad Rizky Prasetya Kurniadi mengatakan...
on 

wkwkwk...Saya masih kecil!!!

nomaden mengatakan...
on 

MEROKOK:
-gak sehat, gak bikin macho -kempot,kelihatan tua
-boros, bikin miskin
-tidak sunnah nabi
-bau
-bikin susah cari kerja
-cepet mati
-bikin kaya para cukong rokok
-bikin kaya penikmat cukai rokok RUGIIIIIII...!!!!

ais mengatakan...
on 

setuju.. merokok lebih banyak mudharatnya dr pd manfaatnya...


dukung n komen y di http://www.ais-story.co.cc/2009/06/stop-dreaming-start-action.html

Admin mengatakan...
on 

oke aq nggak merokok

Riz@l mengatakan...
on 

merokok, saya sebenarnya perokok...tapi tidak menganjurkan ubtuk merokok....

saya pikir langkah yang tepat untuk membebaskan rokok adalah dengan menutup semua pabrik rokok

ronaldorozalino.com mengatakan...
on 

Yuuuuuki berhenti merokokkk

ronaldorozalino.com mengatakan...
on 

5 MENIT UNTUK MENENTUKAN 5 TAHUN YANG AKAN DATANG KLIK http://www.ronaldorozalino.com/2009/07/5-menit-dan-5-tahun-yang-akan-datang.html KOMENTAR YA...

NURA mengatakan...
on 

salam sobat,,,setuju sobat,,matikan rokok sebelum rokok mematikan ,,,kalau ngga mau pada berhenti merokok berarti mau menanggung akibatnya,,, kalau sudah tua baru penyakit terasa.

ina mengatakan...
on 

iyah mendingan tinggalin rokok, dripada buat beli rokok, buat jajan ajah, kn bikin perut kenyang tuh,...

cashbuxptc mengatakan...
on 

He,,, tapi seandainya rakyat pada ga merokok gimana sobat? ntar banyak pengangguran lagi donk, padahal kita semua tahu kalau sumber devisa negara kita banyak di sumbang dari perusahaan rokok. he,,,

narti mengatakan...
on 

setuju....
yg masih merokok perlahan-lahan dikurangi, syukur bisa berhenti.

Pengikut