PEMBICARAAN ANDA MENUNJUKKAN KARAKTER ANDA


Apakah anda seorang yang selalu tergesa-gesa dalam mengungkapkan apa yang ada di benak Anda? Ataukah Anda termasuk orang yang sebaliknya? Sebenarnya, kami tidak menilai Anda seperti itu. Namun, dari pembicaraan yang Anda sampaikan, khususnya di saat Anda berdialog dengan orang lain, akan mudah sekali terlihat bagaimana karakter Anda.

Di antara cara terpenting untuk mengetahui pribadi seseorang adalah melalui dialog, baik yang serius maupun santai. Sayangnya, kebanyakan dari kita masih saja tidak memperdulikan hal itu. Sedikit sekali diantara kita yang ingat bahwa dialog merupakan sebuah bentuk kepribadian. Pembicaraan dan pemikiran yang disampaikan seseorang merupakan cerminan dari karakter dan kejiwaannya. Pembicaraan dan pemikiran itu juga dapat menunjukkan pola pikir dan kepribadiannya.

Kurangnya perhatian seseorang terhadap ilmu pengetahuan dan informasi-informasi yang benar dapat membawa dia kepada kebodohan dan pola pikir yang sempit. Oleh karena itu, banyak membaca dan mengamati seputar informasi dunia dapat memberikan kesempatan kepada Anda dalam memperoleh pengetahuan dan tema-tema yang mungkin bisa menjadi bahan perbincangan dengan orang lain. Percayalah bahwa apapun bentuk pembicaraan Anda, hal itu akan menunjukkan kematangan berpikir dan keluasan wawasan Anda.

Metode terbaik yang harus Anda ikuti adalah berusaha mengumpulkan tema-tema yang disenangi oleh rekan-rekan dan teman-teman Anda. Dengan begitu, apabila anda berada dalam sebuah forum diskusi bersama mereka, Anda akan mampu menarik perhatian dan mempengaruhi mereka dengan tema-tema yang mereka sukai.

Sebaiknya, Anda harus menghindari perdebatan dan jangan cepat bosan terhadap pembicaraan orang lain. Anda harus memperhatikan perasaan orang lain dan jangan membuka suasana perdebatan sekitar pendapat serta pemikiran mereka selain itu, janganlah Anda menjadi orang yang mudah merasa tersinggung dengan kritik membangun yang diarahkan kepada Anda. Oleh karena itu, sebelum hal tersebut terjadi, Anda harus mengkritik diri sendiri terlebih dahulu sebelum orang lain mengkritik Anda.

Percayalah, apabila Anda dapat menghindari tutur kata yang tidak baik dalam berbicara, dan segera menutupi serta memperbaikinya, Anda akan mendapatkan kemajuan dalam seni berbicara serta berdialog dengan orang lain.

Para sosiolog meyakini bahwa cara berdialog antara satu orang dengan yang lainnya memiliki perbedaan. Perbedaan ini didasari oleh kejiwaan dan kepribadian mereka masing-masing. Barangkali kita masih ingat dengan slogan yang bunyinya, “Pembicaraan kita menunjukkan kepribadian kita.”

Slogan tersebut membagi dan mengklasifikasikan manusia kepada 5 macam tipe menurut cara bicara mereka :

1. Prbadi yang Bermusuhan

Merekia yang tergolong kedalam tipe ini adalah orang-orang yang tidak ingin bersahabat ketika berbicara. Perkataannya pun keras dan pedas. Bila dia mengkritik, kritikannya tajam dan selalu menyerang pendapat orang lain. Bentuk pembicaraan yang dilakukan orang seperti ini lebih sering memberikan perintah.

2. Pribadi yang Munafik

Mereka yang termasuk golongan ini adalah orang-orang yang apabila berbicara selalu manis dan menyenangkan. Namun, di lain sisi, isi hati dan ucapannya berbeda. Mereka adalah orang-orang yang seperti didendangkan oleh penyair berikut ini :
“Dia memberikan kepadamu kata yang manis dari lisannya. Lalu dia menghindar darimu sebagaimana dia menghindari serigala.”

3. Pribadi yang Toleran

Mereka yang bertipe ini adalah orang-orang yang menyetujui pendapat orang lain dalam dialog dan diskusi. Walaupun, bentuk dan orientasinya itu hanya untuk memperoleh kepercayaan dari orang lain. Namun, pada akhirnya nanti, kita akan melihat mereka tidak menerapkan pembicaraan yang didengarnya, selain pendapat yang mereka yakini kebenarannya. Pribadi seperti ini memilki sikap yang baik, ramah, serta tidak munafik.

4. Pribadi yang Pendiam

Pribadi seperti ini adalah orang yang terlihat merespons pendapat Anda dengan ekspresi tubuh, isyarat, dan gerak. Namun, dia tidak ikut bergabung dalam pembicaraan yang bersifat terang-terangan. Oleh karena itu, pribadi jenis ini membingungkan pihak-pihak yang ikut serta dalam diskusi. Anda akan bingung menentukan apakah dalam sebuah kasus orang jenis ini berpihak bersama Anda atau malah sebaliknya.

5. Pribadi yang Menyesatkan

Jenis pribadi seperti ini akan mengatakan sesuatu kepada orang lain dalam diskusi atau dialognya. Namun di lain pihak, dia melakukan hal yang berbeda dengan ucapannya. Oleh karena itu, tidak ada gunanya berdiskusi dengan orang-orang berkepribadian seperti ini. Meskipun pendapatnya itu meyakinkan.

Kasih komentar ya.....!!!!!

Comments :

1
Adi mengatakan...
on 

I love you, just the way you are, cara yg paling baik dan menyenangkan dalam menghadapi hidup ini, jadilah diri sendiri,perbanyak mendengar,bicara yg benar2 kita tau,jgn mengurui,,,,,anggap semua org punya kelebihan, kita akan diterima di semua lingkungan,,,,belive that...!!!! < fr,adi >

Pengikut