BAGAIMANA BERBICARA PENUH PERCAYA DIRI DI HADAPAN ORANG LAIN



Mungkinkah suatu pembicaraan bisa lebih menarik dibandingkan orang yang membicarakannya? Tentu tidak. Karena pada kesepakatan para sosiolog dan psikolog bahwa suatu pembicaraan tidak mungkin lebih baik dari pembicarannya. Keduanya adalah bagian yang tak terpisahkan. Apa yang dibicarakan seseorang mencerminkan kepribadian dan pemikiran-pemikirannya.

Oleh karena itu, yakinlah bahwa manusia menilai Anda dengan ucapan dan perbuatan Anda. Jika ucapan Anda sesuai dengan perbuatan, impresi atau kesan orang lain terhadap Anda akan benar serta tidak perlu diperdebatkan atau diragukan lagi. Barangkali orang yang kata-katanya tak sesuai dengan perbuatanya adalah orang yang di dalam kepribadianya terdapat suatu kesalahan. Itu bisa berupa kesalahan dalam memberikan penilaian terhadap diri sendiri dan kepercayaanya ataupun orang lain.

Ketika Anda berdialog dengan orang lain, hendaknya Anda tak pernah merasa rendah diri. Setinggi apapun tingkatan orang yang berbicara dengan Anda, dia tetap sama dengan Anda. Menjaga etika dalam berbicara adalah penting. Namun, merasa kurang adalah hal yang berbeda. Hal itu akan membuat Anda ragu-ragu. Anda pun tidak akan mampu mengungkapkan semua yang ada dalam diri Anda serta semua yang Anda inginkan. Semua itu disebabkan Anda kekurangan rasa percaya diri.

Oleh karena itu, anda harus meyakini bahwa Anda adalah sosok yang mempunyai nilai. Jika Anda merasa pribadi yang tidak mempunyai nilai, anda tak akan berada di tempat yang sekarang ini.anda pun tidak bisa mengerjakan apa yang Anda kerjakan, serta tak dapat mewujudkan apa yang Anda telah wujudkan.

Tentunya Anda bukanlah sosok yang sempurna, demikian juga kami. Tidak ada orang yang sempurna (no body perfect). Terkadang Anda bisa menyimpang dari jalan yang telah digariskan. Tidak ada satu pun dari kita yang tak pernah menyimpang dari jalan yang lurus. Yang terpenting, kita mengetahui ke jalan mana kita akan kembali dan berusaha untuk tidak menyimpang dari jalan itu lagi.

Jika Anda mengambil pedoman atau pandangan ini, dan penilaian terhadap diri Anda diterima, hal itu akan membuat Anda tenang. Anda akan merasa bahagia dengan kehidupan Anda, menerima kekurangan, serta bangga dengan kemampuan-kemampuan yang ada. Yakinlah bahwa orang-orang yang melihat diri mereka dengan pandangan dan penghormatan yang rendah tidak akan dapat mempelajari seni berbicara. Meraka juga tak bisa berbicara, kecuali dengan terbata-bata. Kosakata yang digunakan tidak dapat diterima, selalu mengandung tuduhan kepada orang lain. Mereka juga merasa tertekan dan tidak dicintai oleh orang lain.

Jika Anda adalah seseorang dari mereka, janganlah merasa gelisah. Setiap penyakit itu ada obatnya, kecuali kematian. Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengobati rasa rendah diri itu dan membuat anda berubah menjadi pembicara yang percaya diri dan dipercayai orang lain.


Beberapa Tips agar Berbicara Penuh Percaya Diri di Hadapan Orang Lain :

1. Setiap malam Anda menganalisis semua yang anda katakana dan kerjakan. Anda juga harus menelaah semua yang tidak dapat diterima oleh orang lain. Namun, jangan sampai anda mencela atau bahkan menyiksa diri sendiri dengan kritikan yang pedas. Gunakan cara seperti Anda sedang berdialog dengan diri sendiri secara jujur untuk mengetahui kesalahan-kesalahan dan kemudian meluruskannya.

2. Anda dapat menggantungkan suatu tulisan yang tampak jelas di depan anda. Tulisan itu berbunyi, “Pilihlah kata-kata Anda dengan teliti.” Dengan cara seperti ini, Anda akan mengingatnya dalam pikiran dan hati Anda setiap kali Anda ingin berbicara dengan orang lain.

3. Anda membayangkan diri Anda tampil dan bertindak seperti apa yang dicerminkan dan terlihat dalam akal Anda. Kemudian, Anda bertekad untuk menjalankannya dengan cara yang anda inginkan. Lalu, yakinkanlah lawan bicara Anda.

4. Mengintai waktu-waktu ketika Anda berbicara dan mampu menarik perhatian para pendengar Anda. Anda pun harus berhasil mengatur dialog yang konstruktif. Hendaknya tujuan seperti itudapat anda capaidan tingkatkan setiap kali Anda berbicara.


Kasih komentar ya.....!!!!!

Comments :

1
Adi mengatakan...
on 

Ada tips, ini pengalaman pribadi...berbicaralah dengan santun,antusias mendengar pembicaraan org lain,berbicara dengan topik yg betul2 kita tau,jangan memotong pembicaraan, dan jangan terlalu menganggap org itu tau segala nya,,,,,,berpakaian lah yg bersih dan wajar.....< adi rule>

Pengikut